Social Icons

Rabu, 21 Mei 2014

Tips Menyembuhkan dan Menghilangkan Kutil dalam 15 Menit



Kutil dalam istilah medis disebut Papilloma. Papilloma itu sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Bentuk kutil ini bisa bermacam-macam. Bisa besar-besar atau bisa juga kecil-kecil. Biasanya memang kalau dipegang tidak sakit, dan kalau sudah sangat besar, bisa saja berdarah kalau lecet. Bila sudah besar biasanya bentuknya seperti bunga kol.
Kutil disebabkan oleh Hummam Papilloma Virus (HPV). Virus ini memang menyerang kulit dan salah satu jenis penyakitnya yaitu menimbulkan kutil kecil-kecil di telapak tangan.

Ahli penyakit kulit menggolongkan kutil secara umum dalam kelompok common warts (verruca vulgaris), verrucas (plantar warts),plane warts (verruca plana), dan filiform warts (verucca filiformis).
  • Common warts, yakni jenis kutil berpermukaan kasar serta teksturnya berupa benjolan menebal, biasa disebut papula atau plak. Kutil ini sering timbul buku jari, jari, siku dan lutut. Kebanyakan memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah beku.
  • Verrucas biasanya muncul di telapak kaki, kadang-kadang di tumit dan jari kaki. Jenis ini dapat menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya memiliki titik hitam di tengah dengan daerah putih disekitarnya yang mengeras.
  • Plane warts biasanya berbentuk bulat, datar, mulus, dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit penderitanya.
  • Filiform warts berbentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher, dan ketiak  ( sumber : wikipedia.com )
Pengobatan Kutil
Mengobati/menghilangkan kutil sebenarnya sangat mudah.
Ini berdasarkan pengalaman pribadi sekitar belasan tahun yang lalu, dimana saya memiliki kutil di jari tangan yang sudah bertahun-tahun lamanya.
Sudah banyak cara yang saya lakukan namun tidak membuahkan hasil, bahkan saya pernah putus asa dan mencoba mengiris kutil di jari saya menggunakan pisau. Alhasil tangan saya berdarah-darah dan kutil tidak juga sembuh.

Hingga suatu ketika saya sedang mencuci piring menggunakan sabun colek dan kebetulan ada bekas kapur sirih di piring tersebut, sehingga saat saya mencuci tanpa sengaja campuran sabun dan Kapur sirih tersebut mengenai kutil saya.
Setelah selesai mencuci piring saya kaget karena kutil saya terlihat akan lepas. Saya mencoba berfikir, apa yang menyebabkan kutil saya akan terlepas? Kemudian saya amati dan mengingat-ingat apa yang telah saya lakukan? Lalu saya bereksperimen dengan mencampurkan sabun colek dan Kapur sirih kedalam satu wadah dan mengoleskanya ke kutil di jari saya.

Hasilnya begitu mencengangkan, karena kutil di tangan saya kemudian menjadi lunak dan terlepas dengan sendirinya. Alhamdulillah sampai sekarang kutil tersebut benar-benar sembuh dan tidak muncul lagi.
Beberapa tahun kemudian saya baru mengetahui dari berbagai sumber bahwa cara pengobatan tersebut sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu, bahkan bisa menghilangkan kutil kelamin yang sangat berbahaya yang secara medis hanya bisa disembuhkan dengan cara oprasi sekalipun.
Kapur Sirih atau biasa disebut Injet (jawa)  atau Slaked lime merupakan Kalsium hidroksida Ca(HO)2 yang terbuat dari cangkang binatang laut sejenis kerang dll yang dibakar hingga membentuk endapan abu/kapur dan ditambahkan air.
Kapur sirih/injet biasanya dipakai oleh orang tua zaman dahulu sebagai campuran untuk memakan sirih/menginang dengan mencampurkan daun sirih, pinang dan gambir.
Kapur sirih/ Injet biasanya dijual di pasar tradisional bersama bumbu-bumbu dapur dan rempah-rempah lainya. 

Tips cara mengobati Kutil dalam 15 menit
Bahan-bahan
Kapur sirih / injet (jawa)
Sabun colek ( ct. Sabun colek B-29)
Cotton/korek telinga
Betadine

Cara membuat
Campurkan Kapur sirih dan sabun colek dengan perbandingan 1:1 atau 50% kapur sirih dan 50% sabun colek, aduk hingga benar-benar tercampur.

Ambil campuran tersebut menggunakan cotton dan oleskan pada bagian yang terkena kutil hingga kutil benar-benar tertutup oleh campuran tersebut.

Diamkan hingga campuran tersebut mengering antara 10-15 menit, maka kutil akan melunak dan copot dengan sendirinya. Untuk kutil yang berukuran besar biasanya saat copot akan meninggalkan lubang sehingga perlu diberikan betadine sebagai obat anti septic. Tapi jangan khawatir sebab biasanya lubang tersebut tidak berdarah karena indukan kutil hanya terpisah dengan inangnya dan akan segera tertutup.

Saat campuran dioleskan pada kutil biasanya akan terasa sedikit sakit atau gatal seperti digigit serangga, bagi yang tidak tahan boleh membersihkanya dulu dan dioleskan lagi setelah beberapa menit. 

Catatan : Pengobatan ini merupakan cara tradisional yang murah dan kebanyakan berhasil, namun cara ini belum tereksperimen secara medis , artinya bagi yang ingin mencobanya silahkan namun bagi yang ragu sebaiknya jangan, sebab belum diketahui efek samping dari pengobatan ini, walaupun selama ini belum pernah ada efek samping dari pengobatan ini bahkan cara ini pernah dicoba untuk mengobati kutil kelamin dan berhasil sembuh.  Wallahua`lam. Semoga bermanfaat


2 komentar: